Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Yuk Belajar! : Meningkatkan Nasionalisme dengan Pelatihan Upacara Bendera

Yuk Belajar! : Meningkatkan Nasionalisme dengan Pelatihan Upacara Bendera

13 September 2023.Bhakti Karya Praja merupakan salah satu wujud nyata  Praja IPDN dalam pengabdian kepada masyarakat. Tidak hanya sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan, BKP juga menjadi momen berharga untuk memahami kebutuhan masyarakat dan memberikan kontribusi positif. Pada program BKP ini, Praja IPDN Angkatan XXXI mengunjungi Sekolah Dasar Bungurjaya untuk melaksanakan Pelatihan Upacara bagi anak -anak Sekolah Dasar.

Pendidikan karakter dan patriotisme adalah aspek penting dalam pembentukan generasi muda yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Salah satu cara untuk mengenalkan nilai-nilai ini kepada anak-anak adalah melalui pelatihan upacara bendera di Sekolah Dasar (SD). Saat ini, terdapat berbagai tantangan dalam mengajarkan upacara bendera kepada siswa SD. Banyak sekolah yang mengalami kendala dalam sumber daya manusia dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya upacara tersebut.

Pengenalan dan Pemahaman
Salah satu tahap awal dalam melatih upacara di SD adalah pengenalan dan pemahaman terhadap siswa. Praja IPDN berperan sebagai pengajar yang mendidik siswa tentang makna bendera merah putih dan pentingnya menghormati simbol-simbol kebangsaan. 

Latihan Praktik
Setelah siswa memiliki pemahaman dasar, langkah selanjutnya adalah praktik langsung. Praja IPDN membantu dalam mengatur latihan upacara bendera di sekolah. Mereka bekerja sama dengan guru-guru SD untuk memastikan bahwa setiap aspek upacara, mulai dari pengibaran bendera hingga pembacaan teks, berjalan dengan lancar dan bermakna.

Melalui program ini, Praja IPDN ikut serta dalam meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan upacara bendera bagi anak - anak  Sekolah Dasar. Bukan hanya mengajar, tetapi praja IPDN juga menjadi agen perubahan yang membangun kesadaran dan semangat kebangsaan di antara generasi muda.

#BKP107

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler